Minggu, 20 Februari 2011

Ayo Berwisata ke Taman Impian Jaya Ancol

Muh. Nurul Huda

Berwisata ke taman ini merupakan suatu keasyikan tersendiri. Apalagi jika bersama keluarga, sanak saudara atau teman-teman. selain taman yang ditata secara rapi, banyak tawaran kenikmatan dengan keunikan-keunikan yang dimiliki dan fasilitas-fasilitas lain tersedia di dalamnya.

Dengan tema kembali ke alam, berwisata di Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, dapat menambah wawasan, pengalaman dan hiburan. Koleksi yang ada di taman ini antara lain, beraneka macam jenis ikan laut, dunia fantasi, kolam renang, pantai, perahu wisata hingga aquarium Sea word. PT Pembangunan Jaya Ancol mengelola “area pariwisata terintegrasi” seluas 552 hektar, dengan biaya pembangunan 9 trilyun merupakan kawasan wisata terluas di Indonesia.

Taman Taman Impian Jaya Ancol memiliki paduan kenyamanan dan pesona yang sulit dilupakan. Dengan banyak pilihan kenangan rekreasi, olah raga dan study sehingga sangat penting dinikmati oleh pengunjung. Taman Impian Jaya Ancol yang dibangun Sejak awal berdirinya di tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Pada 2 Juli 2004 Ancol melakukan “go public” dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Pengunjungnya terus bertambah dari tahun ke tahun, rata-rata mecapai 10 juta wisatawan mengunjungi Ancol.

Ketika kehidupan kota yang sarat dengan segala problematika kesemrawutannya membiasakan kebosanan dan kejenuhan, orang membutuhkan suasana baru yang dapat memberi kenyamanan dan ketentraman. kita tahu bahwa saat sekarang kehidupan di perkotaan terbebani dengan aneka pencemaran(polusi) sebagai dampak pembangunan yang terus berkembang.

Di akui atau tidak, kemajuan teknologi di satu sisi memang mengangkat derajat ekonomi masyarakat, mempermudah pekerjaan sekaligus mempercepat, sehingga lebih efektif dan efesien. Namun tanpa di sadari di sisi lain tetknologi memunculkan zat-zat beracun berbahaya yang selalu mengancam keselamatan manusia. limbah-limbah industri yang dibuang melalui cerobong pabrik mengeluarkan gas-gas seperti belerang/sulfur(S) dan timah hitam(Pb). Limbah cair yang kadang di buang ke sungai dengan sembarangan menyebabkan pencemaran air dan udara membuat air tidak bisa jernih, cendrung kotor dan berbau tidak sedap. Persoalan bersama yang dihadapi saat ini adalah semakin memanasnya suhu bumi(pemanasan global), akibat emisi gas karbondioksida(CO2) yang tidak terkendal, kerusakan alam, berbagai bencana akibat keteledoran manusia.

Belum lagi orang harus memikirkan berbagai persoalan sosial dan ekonomi yang dihadapinya. Untuk mengurangi beban, ketegangan bahkan stress sekalipun yang dibiasakan kehidupan kota dengan akibat modernisasinya seperti itu, keberadaan sebuah taman dapat memberikan jawabannya. Beberapa faktor penunjang yang menjadikan daya tarik harus disediakan, wisatawan biasanya ingin melihat sesuatu yang berbeda, sesuatu yang baru, sesuatu yang spektakuler, mereka ingin berwisata dengan sedikit usaha dan mereka ingin menggabungkan petualang mereka dengan kegiatan waktu senggang seperti berenang, berolah raga, menikmati dunia fantasi, makan-makana tradisional, naik perahu, menyaksikan hiburan musik khas, dan sebagainya.

Untuk membuat wisatawan betah di Taman Impian Jaya Ancol, pengelola menyediakan berbagai fasilitas berupa Pantai dan Taman memiliki 5 pantai, Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Gelanggang Samudra, Sea World,
Putri Duyung Cottages, Gondola (sky lift) merupakan kereta gantung yang menghubungkan tempat wisata satu dengan yang lainnya dan masih banyak lagi.

Potensi wisata yang dimiliki Taman Impian Jaya Ancol dapat diandalkan. Suasana alami sungguh terasa di taman ini, seolah pengunjung terbawa “kembali ke alam”(back to nature), bahkan juga merasakan dunia fantasi

.

Taman Impian Jaya Ancol ini luasnya lebih dari 552 hektar, merupakan kawasan wisata andalan di Indonesia dengan menawarkan berbagai kegiatan baik seni, olah raga hingga wisata dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Obyek wisata ini dapat dinikmati dengan berbagai cara misal anak-anak bisa bermain dengan berbagai permainan, ada juga kolam renang yang airnya selalu bersih dan segar atau hanya ingin bercengkerama dengan keluarga sambil menggelar tikar dan makan bersama saat makan atau bisa juga melihat aneka satwa dan flora yang ada di seluruh taman wisata ini.

Dengan berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol bisa merasakan ketentraman kehidupan alam fantasi di tengah-tengah kota, khususnya di dekat laut yang luas yang ada di pinggir komplek wisata dengan demikian para wisatawan diajak untuk meninggalkan kebisingan kehidupan kota sejenak dengan menikmati kehidupan alam yang indah, asri dan alami di taman wisata ini.

Tidak ada komentar: